Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih baik Beli : Ethereum atau Bitcoin ?

Menurut dua indikator pasar, Ethereum tampaknya mengalami kenaikan nilai relatif terhadap Bitcoin. Meskipun terjadi penurunan harga baru-baru ini di pasar kripto, baik Bitcoin (CRYPTO: BTC) maupun Ethereum (CRYPTO: ETH) terus menjadi dua kripto dengan kinerja terbaik. Bitcoin naik sekitar 80% selama tahun ini, sedangkan Ethereum naik sekitar 60%. Pada permukaannya, nampaknya Bitcoin jelas merupakan investasi yang lebih unggul pada tahun 2023.



Lebih baik Beli : Ethereum atau Bitcoin ?

Namun, dua indikator pasar menggambarkan gambaran yang berbeda tentang apa yang terjadi di pasar kripto saat ini. Berikut adalah tinjauan lebih mendalam tentang bagaimana Ethereum dibandingkan dengan Bitcoin secara relatif.

Korelasi Bitcoin dengan Ethereum

Korelasi sangat penting di pasar kripto. Misalnya, setiap kali korelasi Bitcoin dengan emas menjadi lebih erat, biasanya menandakan bahwa investor akan membanjiri Bitcoin sebagai investasi tempat berlindung yang aman. Investor juga menggunakan korelasi Bitcoin dengan indeks pasar yang lebih luas seperti S&P 500 atau Nasdaq 100 untuk mengukur bagaimana pasar saat ini memandang kripto sebagai aset berisiko. Semakin erat korelasi antara Bitcoin dan Nasdaq, maka semakin banyak investor yang memandang Bitcoin sebagai saham teknologi yang sedikit lebih berisiko.

Tetapi ada korelasi lain yang banyak investor tidak membicarakannya, yaitu korelasi antara Bitcoin dan Ethereum. Pandangan umum adalah bahwa korelasi antara keduanya sangat dekat dengan 1,0, sehingga tidak begitu layak untuk dilacak. Namun, Coinbase Global (NASDAQ: COIN) membuat kehebohan awal bulan ini ketika mempublikasikan laporan yang menunjukkan bagaimana korelasi antara Bitcoin dan Ethereum nampaknya semakin menurun, dari level 0,95 pada pertengahan Maret menjadi level 0,82 pada pertengahan April. Mungkin itu tidak terlihat seperti masalah besar, tetapi hal itu penting bagi investor institusional. Ini secara langsung mempengaruhi manajemen risiko dan teknik lindung nilai yang canggih.

Ada beberapa faktor yang mungkin bertanggung jawab atas pergeseran ini, termasuk peningkatan teknologi Ethereum yang terbaru pada bulan Maret. Jika tren ini terus berlanjut, hal ini bisa menandakan bahwa Ethereum akhirnya lepas dari Bitcoin dan melangkah dengan jalannya sendiri. Ini akan menjadi hal yang positif bagi Ethereum karena secara fundamental akan menantang narasi investasi yang sederhana "Bitcoin adalah emas, Ethereum adalah perak".

Pasangan mata uang Ethereum/Bitcoin

Karena Bitcoin dan Ethereum adalah mata uang digital, masuk akal untuk mengevaluasi keduanya dari sudut pandang seorang trader valuta asing. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melacak kinerja pasangan mata uang Ethereum/Bitcoin dari waktu ke waktu. Dengan melakukannya, Anda dapat segera melihat kapan Ethereum "menguat" terhadap Bitcoin dan kapan Ethereum "melemah" terhadap Bitcoin. Dengan cara yang sama, seorang trader valuta asing bisa melihat kapan dolar AS menguat atau melemah terhadap Euro (atau mata uang lainnya).

Seperti yang terlihat dari grafik di atas, nilai saat ini dari pasangan mata uang Ethereum/Bitcoin adalah sekitar 0,066. Ini diperoleh dengan membagi harga Ethereum saat ini ($1.915) dengan harga Bitcoin saat ini ($28.964). Nilai pasangan mata uang Ethereum/Bitcoin telah diperdagangkan, pada umumnya, dalam kisaran yang relatif sempit antara 0,06 hingga 0,08 sejak pertengahan 2021. Dari perspektif historis, nilai ini sebenarnya cukup tinggi. Pada periode 2019 hingga 2021, misalnya, nilai biasanya berkisar antara 0,02 hingga 0,03. Terjadi kenaikan besar selama reli pasar bullish crypto terakhir ketika jumlah kasus penggunaan yang mungkin untuk Ethereum melonjak. Pada grafik, Anda bisa melihat lonjakan besar sekitar Maret 2021.

Dengan menggabungkan semua ini, dimungkinkan untuk membuat teori investasi seputar Ethereum dan Bitcoin. Sejak tahun 2021, Ethereum sepertinya semakin bernilai secara relatif dibandingkan dengan Bitcoin. Cara lain untuk memikirkannya adalah bahwa ketika Ethereum terus memperkenalkan upgrade teknologi baru dan memperluas ekosistemnya, ia "menguat" dibandingkan dengan Bitcoin dan menjadi investasi yang lebih baik. Jika Anda memikirkan ekosistem blockchain Ethereum sebagai sebuah ekonomi, maka ini menjadi jelas secara intuitif. Dalam hal yang sama, seseorang akan mengharapkan dolar Amerika Serikat menguat jika ekonomi Amerika Serikat menguat.

Apakah data mendukung Ethereum?

Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa saat ini Ethereum bukan hanya menjadi investasi yang lebih baik daripada Bitcoin, tetapi juga menjadi investasi yang semakin baik dari waktu ke waktu. Ethereum jelas memiliki ekosistem blockchain yang lebih diversifikasi daripada Bitcoin dan menawarkan berbagai produk dan penawaran, seperti NFT, game blockchain, dunia metaverse, dan keuangan terdesentralisasi (DeFi), yang tidak dapat diimbangi oleh Bitcoin. Bitcoin adalah, pertama-tama, sebuah metode pembayaran.

Oleh karena itu, jika Anda seorang Bitcoin maximalist, Anda mungkin ingin memperhatikan dengan lebih cermat perubahan hubungan antara Bitcoin dan Ethereum. Saat ini, terlihat bahwa Ethereum setelah The Merge lebih kuat, lebih baik, dan lebih terdiversifikasi daripada sebelumnya, dan investor mulai mengakui hal ini. Pada suatu saat, kata beberapa investor kripto, Ethereum dapat eventually "mengalahkan" Bitcoin dan menjadi cryptocurrency paling berharga di dunia.

Posting Komentar untuk " Lebih baik Beli : Ethereum atau Bitcoin ?"